Selasa, 03 April 2012

Kuliner Solo maknyuuss

Selain budaya Solo yang unik, Solo juga dikenal dengan berbagai kuliner yang mantep n maknyus. Banyak makanan dan minuman serta jajanan khas yang dapat dijumpai di Solo. Nah, beberapa diantaranya adalah :
Nasi liwet
Nasi liwet adalah makanan khas Solo yang paling terkenal, terdiri dari nasi gurih -yang dimasak dengan santan- di campur dengan sayur labu siam yang di masak sedikit pedas, telur, suwiran daging ayam, kumut ( kuah santan kental ). Nasi liwet ini biasa disajikan di daun pisang yang ditekuk dan disemat lidi ( biasa disebut dengan pincuk ). Nasi liwet yang terkenal di Solo dapat ditemukan di Keprabon, Jl. Teuku Umar dekat Kraton Mangkunegaran, yaitu warung Nasi Liwet Wongso Lemu. Biasanya buka sore sampai jam  2 malam.
nasi liwet

Pecel
Pecel  adalah makanan yang terdiri dari nasi merah yang dicampur berbagai sayuran seperti bayam, jantung pisang, kenikir, petai cina dan lain lain lalu dituangkan sambal kacang diatasnya. Biasanya dimakan dengan telur ceplok krupuk ato karak ( sejenis krupuk tapi terbuat dari beras ) ato belut ato apa aja. Nah, kuliner ini dapat dijumpai di Pecel Solo Jl Dr Supomo No 55, Pasar mBeling, Mangkubumen.
 pecel
Sate Buntel
Sate buntel adalah sate dari daging kambing cincang  yang ditabur bumbu dan  di bakar. Ada berbagai tempat yang patut dikunjungi yaitu Sate Kambing Tambak Segaran , Jl. Sutan Syahrir No. 39 Widuran dan Sate Kambing Mbok Galak,  Jl. Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar, Solo.
Timlo
Timlo merupakan makanan yang berkuah bening yang terdiri dari potongan sosis ayam, suwiran daging, telur pindang, dan irisan jerohan ayam seperti hati dan ampela ayam. Timlo yang terkenal dapat ditemukan di Timur Pasar Gede–buka jam 07.00 WIB dan di  Jl.Urip sumoharjo– buka jam 09.00 – 21.00 WIB.
timlo satro

Tengkleng
Tengkleng merupakan makanan olahan yang terdiri dari tulang – tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Kuahnya mirip dengan gulai kambing namun tidak memakai santan. Dapat ditemui di tengkleng Bu Ediyem di samping Gapura Pasar Klewer Solo, buka dari pagi
 

Sate Kere
Sate Kere ini merupakan sate yang terdiri atas tempe gembus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas kedelai sisa pembuatan tahu. Selain itu terdapat sate jeroan sapi. Dihidangkan dengan didominasi dengan saus kacang dan dapat ditambahkan lontong. Sate kere ini dapat dijumpai di sebelah satdion Sriwedari yaitu warung Yu Rebi.

Gudeg Ceker
Ceker ato kaki ayam ini direbus bersama bumbu santan hingga lunak dan empuk. Ceker ini dihidangkan dengan gudeg (itu lho, makanan khas yang terdiri dari nangka muda, krecek, telur, daging ayam). Gudeg ceker ini buka puku 2 pagi sampai tutup gatau deh jam brapa. Kalo mo beli sebaiknya kudu cepet – cepet, soalnya ceker Margoyudan ini rame jadinya cepet habis. Ohya, Gudeg ceker ini ada di Jl. Wolter Mongunsidi Margoyudan.
Gudeg Ceker

Serabi Notosuman
Serabi memiliki citarasa gurih yang berasal dari santan kelapa dan bertekstur kenyal dan lembut. Dengan seiring perkembangan jaman, kini serabi divariasikan dengan berbagai rasa. Serabi yang terkenal adalah serabi Notosuman yang terletak di Jl Moh. Yamin Notosuman. Walaupun harga yang ditawarkan lebih mahal namun rasanya… nyem nyem maknyus jos margonjos deh.

Galabo (Gladag Langen Bogan)
Galabo  dapat dijumpai di dekat Tugu Gladag ujung timur dari Jl. Slamet Riyadi, depan Pusat Grosir Solo (PGS). Setiap jam 5an sore, jalan di depan PGS tersebut ditutup mulai ramai oleh warung-warung tenda yang menyajikan makanan-makanan khas Solo.
Galabo
SOTO
Tau dong gimana bentuk dan isi soto? Nah, soto banyak ditemukan di Solo antara laen; di dekat Pasar Barang Antik Triwindu dekat Mangkunegaran dan ada juga soto Kirana di Jl. Moh Yamin dan Soto Gading di dekat Kasunanan Surakarta, Soto Sawah, Soto seger Mbok Giyem dll

Bakso
Kalo bakso ini mah ada banyak di Solo. Kalo gw sih paling seneng mampir di Bakso Kalilarangan pokoknya dari Solo Grand Mall jalan lurus, kalo ada American Donat ntar ada jalan ke kanan trus jalan lurus sampe di kiri jalan ada tulisan bakso kalilarangan. Soalnya daripada makan di deket daerah Hotel Novotel yang katanya –gosip gosip nih- kalo disitu pake jasa dari dunia laen getoh :D

Bebek Goreng
Bebek goreng yang enak katanya temen” gw sih ada di bebek goreng Pak Slamet di Kartasura, tepatnya di Sedahromo Lor RT 01 RW 07. Fyi, dulu bebek goreng ini pernah masuk tv swasta lho *bangga :D

Cabuk Rambak
Cabuk Rambak adalah makanan dengan menu utama ketupat, yang disebut Gendar Janur, karena beras ini dimasak didalam anyaman janur / daun kelapa yang masih muda. Bumbu Cabuk Rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, lombok, bawang putih, kemiri dan gula merah. Biasanya cabuk rambak disantap dengan karak. Karena cabuk rambak ini makanan yang udah hamper punah, setau temen” gw kayanya bisa ditemuin di Pasar Ngarsopuro Night Market hari Sabtu malam ato Sunday Market di Stadion Manahan.

Wedangan
Belum lengkap kayaknya kalo belum mampir makan di wedangan Solo. Wedangan ini gampang ditemukan di berbagai tempat di Solo. Misalnya ada wedangan Oom Klithik yaitu di Utara Stadion Manahan, mas Basuki di Jl Samanhudi Laweyan, mbah Gandul di Kartasura –sebelah Gereja Santa Maria, dll.

Jagung Bakar
Jagung bakar ini bisa ditemuin di Jl Yosodipuro deket Mangkunegaran. Kayaknya buka jam 5an smpe tengah malem. Banyak variasi rasa yang ditawarkan, ada asin, pedes, manis, coklat dll. Harganya juga murah, dan enak buat nongkrong.

Selat Solo
Selat Solo yang terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies yang terdapat di Serengan Gang II/42.  Menu yang ada antara lain, selat rolade, selat bestik, gado – gado lontong, juga ada berbagai es untuk menemani makanan kita.

Gimana?? Enak enak kan?? makanya AYO MAMPIR KE SOLO ! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar