Senin, 02 April 2012

Nasi Liwet Wongso Lemu Asli (Solo)

Nasi Liwet Wongso Lemu Asli (Solo); Nasi Liwet Favorit Mami

Mami, kalo deket-deket Solo, pasti badannya langsung seger (walau sudah sekitar 6 jam melalui perjalanan darat menggunakan mobil) dan cari-cari Jalan Teuku Umar, Solo. Buat apa? Buat cari warung lesehan penjual Nasi Liwet Wongso Lemu yang asli!


Yeah, disepanjang Jalan Teuku Umar, Solo, isinya adalah beberapa warung lesehan dengan nama yang sama: “Nasi liwet Wongso Lemu Asli”. Kalo gitu, mana yang maha asli?

Ternyata, yang namanya “Nasi Liwet Wongso Lemu PERTAMA“!!

Itulah warung aseli sli sli sli, milik Ibu Wongso Lemu, sang peracik nasi liwet khas Solo yang maha terkenal itu:


Lalu yang lainnya? Hahaha, jangan khawatir! Warung lainnya adalah warung anak-anaknya sendiri. Aku sendiri engga makan di warung lesehan Nasi Liwet Wongso Lemu PERTAMA karena sudah tutup (buka dari jam 4 sore hingga jam 1 subuh), jadi aku makan di warung sebelahnya, warung yang dikelola anaknya, bernama Nasi Liwet Wongso Lemu ASLI (buka dari jam 5 sore hingga jam 2 subuh):


Nasinya punel, hangat! Disajikan diatas daun pisang (hidup daun pisangggg!!!) yang ijo royo-royo, diberi toping suwiran daging ayam (sesuai request: mau dada, paha, dsb), jerohan (ampela/ hati ayam), potongan telur kecap, areh, putih telur yang dikukus dan sayur manisa. Kuah santan super gurih disiramkan diatas nasi dan topping, tapi engga sampe banjir meluber kemana-mana (ini bukan makanan berkuah, loh). Setelah itu, baru deh disodorkan ke kita-kita:




Biarpun udah jam 2 subuh neh, dikasih pemandangan sedep gini, cacing naga diperut langsung bangun dan berontak, idung kembang kempis dan mata melek berbinar-binar *halah!*, langsung nyendok nasi dan merem melek keenakan. Edan emang, liwetnya Ibu Wongso Lemu ini, jempolan.

Eh, tapi.. ga salah neh? Jam 2 pagi? Yaaa! Karena nasi liwet Wongso Lemu PERTAMA, buka dari jam 4 sore hingga jam 1 subuh. Yang nasi liwet Wongso Lemu ASLI (yang dikelola anaknya Ibu Wongso Lemu), buka dari jam 5 sore hingga jam 2 subuh (dan disinilah kita makan). Catat bail-baik jam bukanya, ya.

Warungnya sendiri saat itu sudah sepi (ya iyalah neng, kalo ga kita2 yang dari jauh ini, sapa pula yang mau makan jam 2 subuh). Hanya artikel dan beberapa kliping foto artis dan pejabat yang pernah makan di warung Nasi Liwet Wongso Lemu ASLI, yang menemani kita. Dari radio tua disudut warung, sayup-sayup terdengar suara rekaman Nike Ardila menyanyikan lagu hits-nya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar